Profil YSI Banten

 

Sejarah YSI banten

Awal berdirinya Yayasan Sayap Ibu cabang Provinsi Banten adalah dasar inisiatif Ibu J.S. Nasution, istri dari Jend.A.H. Nasution,alm. Dimana beliau berfikir bahwa anak Disabilitas dengan anak non disabilitas (normal) tidak dapat dijadikan satu karena akan mempengaruhi psikologi sosial dan emosional masing-masing anak, baik yang disabilitas maupun non disabilitas (normal).

Dasar yang menjadi acuan adalah Undang-Undang No.4 tahun 1997 tentang Penyandang cacat pada pasal 5 serta Undang-undang 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, dimana secara tegas disebutkan bahwa hak-hak anak meliputi asas non diskriminasi, kepentingan yang terbaik bagi anak, hak dalam keberlangsungan untuk hidup, hak tumbuh kembang secara layak baik fisik, mental, spiritual, hak perlindungan, dan hak untuk turut serta partisipasi dalam lingkup kehidupan sosial.

Yayasan Sayap Ibu Cabang Provinsi Banten atau dikenal juga dengan nama Yayasan Sayap Ibu – Bintaro adalah organisasi nirlaba yang merupakan pengembangan dari Yayasan Sayap Ibu, yang bertujuan untuk melakukan usaha kesejahteraan sosial kemasyarakatan yang bersifat terbuka dan bersedia bermitra dengan lembaga, perusahaan atau perorangan baik dari dalam maupun luar negeri dalam bidang pembangunan kesejahteraan sosial dengan prinsip kemanfaatan sebesar-besarnya bagi anak cacat ganda terlantar.

Yayasan Sayap Ibu cabang provinsi Banten diresmikan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Provinsi Banten pada tanggal 1 Oktober 2005, sesuai dengan UUD no. 8 tahun 2016 tentang disabilitas. Awal berdirinya Yayasan Sayap Ibu Cabang Provinsi Banten menyewa sebuah rumah di sektor 6, Bintaro. Lima belas (15) anak pertama anak YSIB adalah anak-anak yang dipindahkan dari Yayasan Sayap Ibu Cabang Jakarta. Yayasan Sayap Ibu Cabang Banten memfokuskan pelayanan kepada anak disabilitas majemuk dan menyetarakan anak disabilitas. Dengan memegang teguh komitmen terhadap perlindungan dan perawatan tumbuh kembang anak cacat ganda terlantar yang secara tidak langsung juga berarti membantu pemerintah dalam memenuhi hak-hak anak akan perlindungan dan perawatan.

Dengan semangat dan perjuangan para pengurus YSI-B selama 3 tahun pada tahun 2009 YSI-B mendapat bantuan lahan fasilitas sosial seluas  2000 m2 dari Pemda Kotamadya Tangerang dan tentunya juga fasilitas dari PT. Jaya Real Property, bedirilah sebuah bangunan gedung permanen Yayasan Sayap Ibu – Bintaro. Dalam pembangunan lahan ini didanai oleh Bennink Foundation dari Netherlands. Dan saat ini Yayasan Sayap Ibu Cabang Provinsi Banten mengelola Panti Penyantunan dan Rehabilitasi Anak Cacat Terlantar, di Jl. Raya Graha Bintaro No. 33, Pondok Kacang Barat Tangerang – Telp. 021 – 7331004.

VISI

Setiap anak berhak atas kehidupan yang layak, penelantaran tidak dapat ditolerir, maka Yayasan Sayap Ibu melakukan upaya guna terwujudnya kesejahteraan anak yang holistik berkesinambungan dengan penuh kasih sayang.

mISI

Melakukan
Penyantunan, Perawatan & Pendidikan anak terlantar penyandang Disabilitas,
baik di Panti maupun Non Panti secara professional

Mengusahakan rehabilitasi fisik, psikis &
social secara optimal

Menyediakan pelayanan sosial secara optimal

Menyediakan pelayanan sosial yang berkualitas

Melaksanakan pengentasan anak agar mandiri

Menjalin kemitraan dalam & luar negeri
secara aktif

Melaksanakan perlindungan & perawatan anak
sejak dalam kandungan

ingin jadi volunteer!

Mari bergabung dengan kami